Tata Cara Pengiriman

Cara Mengirimkan Barang Melalui JNE

1. Pertama siapkan barang, lakukan pengepackan secara rapih dan aman, terutama untuk barang yang mudah rusak. Untuk barang elektronik atau barang pecah belah lainnya disarankan untuk membungkus barang yang akan dikirim menggunakan pelindung seperti plastik bubble, selain itu gunakan juga kayu untuk membungkus setiap sisi barang, hal ini bertujuan untuk menghindari kerusakan saat pengiriman. Jika barang yang dikirim berupa pakaian cukup dipacking menggunakan plastik saja.
contoh packing kayu :
packing-kayu-jne

2. Beri alamat diatas barang yang akan dikirim. Tuliskan nama penerima, alamat lengkap penerima, serta nomor telepon penerima di atas barang yang akan dikirim.
contoh packing biasa :
cara-packing-barang-jne

3. Setelah barang yang akan dikirim telah dipacking dan diberi alamat pengiriman, kita tinggal mengirimkan barang tersebut ke JNE, anda bisa mengunjungi kantor atau agen JNE terdekat. Untuk mengetahui alamat kantor atau agen JNE di kota anda, kita bisa mengunjungi situs https://jne.co.id kemudian masukan nama kota di kolom yang telah disediakan (tepatnya dibagian atas sebelah kanan halaman web). Masukan nama kota kemudian klik tombol GO
cara-mengetahui-alamat-jne

4. Di kantor Jne nanti kita akan diberikan pilihan layanan seperti JNE yes, JNE reg, JNE oke. Pilihan layanan tersebut dibedakan berdasarkan kecepatan waktu kirim, Jne Yes adalah layanan tercepat dengan waktu pengiriman sekitar 1-2 hari, namun dengan biaya yang lebih mahal. Pilihan-pilihan layanan tersebut berbeda harga dan kecepatan pengiriman. Biaya pengiriman juga tergantung dari jarak (kota) tujuan pengiriman. semakin jauh maka akan semakin mahal (untuk biaya pengiriman dalam kota biasanya tak lebih dari 10ribu). Untuk estimasi biaya pengiriman, kita juga bisa mengetahui berapa harga pengiriman barang melalui situs jne atau melalui aplikasi smartphone seperti android, iphone, dll.
Untuk mengetahui cara cek ongkos kirim jne bisa menggunakan cara di link berikut :
Klik disini

5. Setelah menyerahkan barang ke petugas Jne, kita juga bisa memilih untuk menggunakan asuransi atau tidak. Asuransi ini bertujuan agar ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan misalnya ada kerusakan barang saat pengiriman, maka JNE akan mengganti barang tersebut, biaya asuransi tergantung dari barang apa yang dikirim. Kita juga bisa meminta pihak JNE untuk mempacking barang yang kita kirim, misalnya ketika kita ingin mengirimkan barang elektronik, kita bisa meminta pihak jne untuk mempacking/membungkus barang menggunakan kayu yang disediakan JNE namun dengan biaya tambahan tentunya.

6. Setelah melakukan pembayaran nanti kita akan diberikan resi sebagai bukti pengiriman. Resi tersebut memiliki nomor unik yang bisa kita gunakan untuk mengetahui sampai mana barang telah dikirim (ini biasa disebut dengan istilah tracking). Untuk mengetahui cara tracking barang menggunakan no resi bisa klik di link berikut :
klik disini
Selesai.

 

Cara Menerima Barang Dari JNE

Jita kita berada dalam posisi penerima barang (buka pengirim barang) ada 2 cara untuk menerima barang melalui JNE
1. Menunggu sampai petugas/kurir JNE mengirimkan barangnya ke rumah kita (ke alamat penerima). Nanti kita akan dimintai tanda tangan sebagai bukti penyerahan barang. Namun ketika petugas JNE telah berada di tempat penerima barang dan ternyata tidak ada orang yang menerima barang, misalnya rumah sedang dalam keadaan kosong, maka biasanya petugas jne akan kembali ke kantor dan menyimpan barangnya di kantor JNE, kemudian pihak JNE akan menelpon kontak penerima untuk meminta penerima barang datang ke kantor JNE.

2. Mengambilnya di kantor JNE, kita juga bisa datang langsung ke kantor jne setelah mengetahui barang telah berada di kota tujuan. Untuk mengetahui barang apakah sudah sampai kota tujuan atau belum kita bisa melakukan tracking menggunakan no resi. Mintalah no resi ke pengirim barang, karena anda akan diminta untuk menyebutkan no resi oleh petugas jne jika ingin mengambil barang di kantor JNE. Untuk mengetahui cara tracking barang ada pada link yang tersedia pada point 6 diatas. Jika anda belanja di sajadahbusa,com maka otomatis anda akan mendapatkan no resi dari tim kami jika sajadah telah dikirim.

Itulah tentang tata cara mengirimkan barang dan menerima barang melalui jasa pengiriman JNE. Dalam hal ini JNE adalah pihak ketiga, jadi ketika anda berbelanja di sajadahbusa.com maka barang akan dikirim oleh jne, kami tidak beraffiliasi dengan jne, sehingga ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan misalnya kerusakan barang saat pengiriman atau barang tidak sampai tujuan anda bisa mengajukan keluhan kepada jne dan bukan kepada kami, karena itu sudah sepenuhnya menjadi tanggung jawab pihak pengiriman yang dalam hal ini JNE. Namun hal tersebut sangatlah jarang terjadi, selain itu saat ini JNE merupakan perusahaan jasa pengiriman terbaik yang ada di indonesia.